Kamis, 17 Oktober 2013

KELOMPOK TANI SALAK AMBUDI MAKMUR

Sulap Salak jadi 8 Macam Produk Olahan


Gambar 1: KANTAR AMBUDI MAKMUR. Sekretaris UPK. Kec. Bangkalan (kiri) dan Saniyah sedang merapikan administrasi kantor dan display produk-produk olahan salak kelompok

Profile Ambudi Makmur
pnpmbangkalan.blogspot.com - UKM Ambudi Makmur terdiri dari beberapa warga yang memiliki kebun salak. Tidak hanya warga di desa keramat saja yang tergabung pada anggota ambudi makmur ini tetapi juga diluar desa keramat. Keprihatinan ibu saniyah merupakan awal dari berjalannya usaha pengolahan salak ini, atas bantuan dinas setempat akhirnya anggota kolompok tani ambudi makmur mendapatkan pelatihan dan keterampilan untuk mengolah hasil kebun. Dodol dan sirup salak merupakan produk yang pertama kali diproduksi. Akan tetapi, buah salak masih melimpah ruah dan masih berceceran di kebun salak ketika panen raya, akhirnya ide untuk memproduksi varian baru yaitu kurma, kismis, minuman segar salak dan sekarang yang sedang dikembangkan adalah minuman saripati daun salak.
Anggota kelompok tani ambudi makmur II sampai saat ini terhitung terdapat 70 orang, 53 perempuan dan 17 orang laki-laki. Kelompok tani ini beralamat di Dusun Murkolat Timur Desa Keramat Kecamatan bangkalan Kabupaten Bangkalan dan dengan nama usaha UD. Budi Jaya. Total luas kebun salak yang dimiliki oleh Ambudi Makmur II seluas 27 Ha.

Sejarah Perusahaan
Pada awalnya Kelompok Tani Ambudi Makmur II merupakan rintisan kelompok tani di desa Kramat Bangkalan pada tahun 1999. Namun pada tahun 2000 kelompok tani ini mulai aktif memproduksi berbagai macam makanan kecil yang berasal dari hasil bumi daerah sekitar mereka, contohnya saja salak. Dan pada tahun 2005 kelompok tani tersebut mulai produktif dalam memproduksi sirup, kurma, dan dodol salak. Maka dalam upaya memajukan hasil produksi, Kelompok Tani Ambudi Makmur II yang diresmikan oleh Pemda setempat pada tahun 2008 dengan no. 272 / 13.22 / SIUP – K / XII / 2008. Namun sertifikat produksi untuk produk sirup dan dodol salak sudah diberikan pada tahun 2006.
Gambar 2: Saniyah (Ketua Kelompok Tani Ambudi Makmur) saat berfoto menjuarai lomba petani teladan tingkat nasional tahun 2009 bersama presiden SBY dan peserta pemenang lomba lainnya
Selama memajukan perusahaan ini, telah banyak penghargaan yang didapat mulai tingkat kabupaten hingga tingkat nasional pada tahun 2008 kemarin. Dalam meningkatkan SDM para pekerja, perusahaan ini bekerja sama dengan Pemda setempat dan perusahaan lain mengenai pelatihan – pelatihan dalam memproduksi dan mengendalikan kualitas hasil produksi salak. Sehingga meski baru berumur tidak lebih dari 10 tahun, perusahaan ini mampu memproduksi sirup, kurma, dan dodol salak dengan kualitas terjamin dan dapat dibuktikan melalui sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga P. IRT NO : 1.13.35.26.19.094 (sirup salak) dan P. IRT NO : 02.08.35.26.18.094 (dodol salak).
Dalam hal bahan baku, perusahaan ini mendapat suplai dari kebun salak produktif seluas 42 Ha. Namun dalam masa – masa tertentu, suplai salak dapat dilakukan dengan membeli salak di desa Bilaporah Jaddih Bangkalan dan beberapa daerah lain di Bangkalan.

Proses Produksi
Kelompok Tani Ambudi Makmur II adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan makanan. Proses produksinya terbagi menjadi:
1.   Proses produksi sirup salak.
Pada proses ini, sari buah salak yang didapat dari proses kurma diolah sedemikian rupa hingga menjadi sirup salak kemudian dimasukkan dalam botol steril dan siap untuk dipasarkan.
2.   Proses produksi kurma salak.
Pada proses ini, buah salak mengalami perebusan tanpa kulit yang kemudian, sarinya disaring untuk proses produksi sirup salak. Sedangkan buah salaknya mengalami penyaringan dan pengeringan selama 2 – 3 hari yang kemudian mengalami proses packing dan siap untuk dipasarkan.
3.   Proses produksi dodol salak.
Pada proses ini, buah salak yang teah terpilih mengalami proses blender/penghalusan yang kemudian dicetak dalam ukuran tertentu dan mengalami proses packing dan siap untuk dipasarkan.

Produk yang Dihasilkan
Adapun produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah :
1.    Sirup Salak
2.    Kurma Salak
3.    Dodol Salak

Segmentasi Perusahaan
Segmentasi pasar produk yang telah dihasilkan Kelompok Tani Ambudi Makmur II, antara lain :
  •      Retail/pengecer. Yaitu toko – toko penjual oleh – oleh dan cinderamata khas Bangkalan   Madura
  •       Langsung kepada konsumen
  •       Distribusi atau cabang. Untuk partai besar dan di tempat yang belum terjangkau
  • Dipasarkan dalam dan luar negeri
Tenaga Kerja
Pada Kelompok Tani Ambudi Makmur 2 terdapat 2 jenis tenaga kerja yaitu :
§  Tenaga professional
    Untuk tenaga kerja professional masih ditangani oleh kepala perusahaan
§  Tenaga kerja lokal
    Untuk tenaga kerja local berasal dari masyarakat sekitar perusahaan

Jam Kerja
Dalam Kelompok Tani Ambudi Makmur II, melakukan aktivitas produksi disesuaikan dengan proses produksi yang sedang berlangsung mass production dan pada masa – masa tertentu dapat melakukan proses produksi berdasarkan job order.

Daftar Harga Produk Olahan Salak
1.    Dodol Salak : Rp 5.000,-
2.    Sirup salak : Rp 15.000,-
3.    Kurma Salak : Rp 10.000,-
4.    Kismis : Rp 6.000,-
5.    Selai : Rp 5.000,-
6.    Minuman Segar : Rp 3.000,-
7.    Minuman daun salak : Rp 3.000,-
8.    Sirup salak rasa jahe : Rp 15.000,-
 
Alamat
Dsn. Morkolak Timur RT. 1 / RW. 5 Kelurahan Kramat
Bangkalan - Madura


1 comments:

Maju terus UD Ambudi Makmur II...

Posting Komentar

Terimakasih, Masukan dan Sarannya

Menurut Anda Usulan Yang Dibutuhkan Masyarakat Bangkalan Melalui PNPM?