Senin, 22 Juli 2013

Cegah Kecelakaan Berulang, Jalan di Aspal

TINGKATKAN POTENSI WISATA GUNUNG GEGER & PENDAPATAN MASYARAKAT


Subadar, Kepala Desa Geger Kecamatan Geger menyatakan bahwa saat ini perlu adanya pengembangan sarana dan prasarana di segala aspek untuk mengembangkan potensi daerah gunung geger. Mulai dari aspek pertambangan, pertanian dan pariwisata yang lebih produktif. Dengan begitu, diharapkan mampu memberikan nilai manfaat besar masyarakat sekitar Gunung Geger khususnya dan masyarakat umum.
“Mengingat Gunung geger sudah menjadi salah satu ikon wisata religi di kabupaten bangkalan, maka perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah terkait pembangunan disekitar wilayah Gunung geger ini mas, apalagi selain dapat menarik pengunjung  lebih  inten ketempat ini juga dapat menambah penghasilan masyarakat setempat,”ujar kepala Desa Geger.

Khusus untuk pembangunan jalan dan bantuan modal, menurut ja’far KPMD Desa Geger memang perlu  mendapat prioritas. Ini dikarenakan jalannya naik turun dan  kapasitas pengunjung gunung geger dari tahun ketahun semakin banyak apalagi kalau hari-hari libur mas, hingga menggugah masyarakat setempat untuk membuka warung kecil-kecilan.
”Dengan jalan yang baik Pengunjung sekarang semakin banyak mas, apalagi kalau hari libur. sekitar seratus sampai dua ratusan pengunjung, ini sangat membahagiakan masyarakat yang membuka warung di dekat jalan akses gunung geger,” ujar Jappar, sapaan akrap KPMD desa geger ini.
Sementara menurut warga yang berjualan disekitar area parkir wisata gunung Geger juga merasakan manfaatnya, ” jelen seebangun ka’dintoh bennyak manfaattah mas,kuleh bisa juelen rojek ben tetanggeh kuleh taniannah bisa ngasilagi pesse,” kata Bok Romli.
(jalan yang di aspal  ini mas banyak manfaatnya, saya bisa jualan rujak dan halaman tetangga saya dapat menghasilkan uang. (menjadi lahan parkir ) pen). 
Realisasi program PNPM Tahun 2011 berupa pengaspalan jalan dengan panjang 700m dan lebar 3m ini menghabiskan dana sebesar Rp.  117.713.000,-. ini memang menjadi solusi masalah yang kerap timbul. Sebelumnya, dua mobil pickup terperosok ke jurang akibat jalanan bebatuan yang rusak dan licin, belum lagi jika harus berpapasan dengan mobil lawan arah.
Sehingga kegiatan hasil PNPM MP itu dinilai oleh warga sangat tepat sasaran, selain dirasakan langsung manfatnya oleh masyarakat setempat juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas sebagaimana penuturan Hotip, salah seorang pengunjung wisata.
”Jalannya enak mas, hingga mobil bisa parkir di area dekat gunung, tidak kayak dulu mobil harus saya parkir di jalan raya kalau musim hujan karena tidak bisa masuk,” aku sopir dari kamal ini.
Hal senada di ungkapkan oleh Ahmad asal madiun,” saya bisa jualan di dekat area gunung ini sekitar satu tahun selepas jalan ini di aspal, lumayan penghasilannya,” kata penjual es walls ini.
Lebih jauh di samping itu kata mukhlis , program PNPM ini sangat di butuh kan oleh segenap masyarakat namun perlu adanya perhatian khusus dalam meningkatkan SDM masyarakat setempat untuk mengimbangi program PNPM yang berorientasi pembangunan daerah ini sebagai bentuk penyeimbang  agar masyarakat setempat dapat mengelola dan merasakan langsung manfaat potensi yang ada di daerahnya.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih, Masukan dan Sarannya

Menurut Anda Usulan Yang Dibutuhkan Masyarakat Bangkalan Melalui PNPM?