Rabu, 13 November 2013

Pelatihan BKAD dan BP-UPK

Membangun Profesionalitas Kerja, antara BKAD & BP-UPK


Gambar 1: Para peserta, OC dan SC tampak menawan, hehe 


pnpmbangkalan.blogspot.com, Prigen-Pasuruan, 25-27 September 2013 – Untuk meningkatkan kapasitas kerja dan menjaga kekompakan serta stabilitas etos kerja bagi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Badan Pengawas - Unit Pengelola Kegiatan (BP-UPK) se Kabupaten Bangkalan, PNPM Bangkalan menyelenggarakan Pelatihan BKAD dan BP-UPK pada tanggal 25 September 2013 sampai dengan 27 September 2013, berlokasi di Foresta Inn Prigen Pasuruan. Dana penyelenggaraan Pelatihan berasal dari DOK Pelatihan Tahun Anggaran 2013 setiap kecamatan.


Acara pelatihan ini dilaksanakan dalam dua tahapan.
Tahap pertama; Pelatihan BKAD berjumlah 51 orang dari 17 Kecamatan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara.
Tahap kedua; Pelatihan BP-UPK berjumlah 51 orang dari 17 Kecamatan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara.
Dalam rangkaian pelatihan ini, peserta sangat antusias dan tepat waktu. Pada saat diskusi pun, peserta saling memberikan umpan balik masalah di kecamatannya masing-masing. Para pemateri mampu menyampaikan materi secara antraktif dengan metode memadukan media. Abdul Gani (Pendamping Lapangan Kec. Labang) selaku Ketua Pelaksana Pelatihan menyampaikan; “Walaupun pemberi materi lebih muda dibandingkan dengan peserta, namun tak terkesan menggurui dan yang saya salut adalah para pemateri sangat menguasai materi serta mampu menyederhanakan materi yang disampaikan sehingga mudah dipahami”.

Pelatihan ini bertujuan agar para peserta mampu merefleksikan tupoksi (tujuan pokok dan fungsi), penanganan masalah, kebijakan pengelolaan dana bergulir, mekanisme pengelolaan dana bergulir dan RKTL (Rencana Kerja Tindak Lanjut).    
Harapan dari diadakannya pelatihan ini adalah, peserta pelatihan yang terdiri dari BKAD dan BP-UPK bisa meningkatkan rasa tanggungjawab dan mempunyai kesamaan pemahaman sehingga tujuan program PNPM Mandiri Perdesaan benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat.
Gambar 2: Para pemateri dari teman2 FK yang berkesempatan mengisi acara
Kesan dan harapan dari perwakilan peserta;
Gambar 3: Ast. MIS yang sedang mewawancarai Pak Syafii dan Ibu Anik

M. Syafii Roesman, S.Pd (Ketua BKAD Kec. Socah)
“Kami sangat bersemangat saat Pelatihan berlangsung, dan dengan diadakannya pelatihan ini akhirnya kami lebih memahami tupoksi dari BKAD itu sendiri, dan harapan kami adalah semoga pelatihan ini bersifat kelanjutan dan berkaitan dengan pelatihan sebelumnya”

Anik Kholiyahah, S.Ag (BP-UPK Kec. Tanjung Bumi)
“Saya sangat senang dapat undangan mengikuti Pelatihan ini, selama 3 tahun baru kali ini mendapatkan kesempatan berpartisipasi. Harapan bagi saya selaku BPUPK agar pelatihan ini bisa juga dirasakan oleh anggota di Kecamatan.
Program PNPM yang pro rakyat ini harapan saya, terus digalakkan lagi karena keberadaannya sangat dirasakan langsung oleh masyarakat desa. Pemateri menyampaikan sesuai dengan bidangnya masing-masing dan mampu mengarahkan peserta menemukan solusi, serta saat mengisi selalu memberikan umpan balik yang edukatif.
Semoga program ini bisa terus berlanjut serta dana yang turun tiap tahunnya bisa bertambah karena dana pergulirannya sangat bermanfaat. Hal ini akan lebih membantu masyarakat dan mereka bisa lebih paham terhadap tanggung jawabnya” 

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih, Masukan dan Sarannya

Menurut Anda Usulan Yang Dibutuhkan Masyarakat Bangkalan Melalui PNPM?