Minggu, 22 September 2013

PENTINGNYA PERAN BADAN KERJA SAMA ANTAR DESA (BKAD)

MENGAWAL PELAKSANAAN
PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP)


pnpmbangkalan.blogspot.com, Kamal - Keberadaan Lembaga Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) dalam PNPM-MP akan menentukan keberhasilan program, hal ini seperti yang telah disampaikan oleh Ketua BKAD Bapak M. Tasir Wahjono. Dalam mengawal setiap tahapan pada masing-masing kegiatan di Forum Musyawarah Antar Desa peran BKAD sangatlah penting dalam mengambil suatu keputusan yang dihasilkan dari keputusan bersama.
Gambar 1: Ibu Wiwik sedang memberikan arahan bersama Bapak M. Tasir Wahjono selaku ketua BKAD
Dalam setiap tahapan kegiatan tidak terlepas dari permasalahan, salah satunya adalah penerapan aturan dan sanksi terhadap partisipasi desa untuk mengikuti program PNPM-MP. Salah satu kasusistik dalam program PNPM-MP yaitu adanya tunggakan SPP di suatu kelompok desa. Dalam hal ini BKAD berperan menegaskan kembali aturan SPP terhadap pemanfaat SPP yang menunggak SPP dan pemberian sanksi apabila masalah penunggakan belum teratasi. Hasil Keputusan Musyawarah Antar Desa dalam penerapan aturan dan sanksi akan berpengaruh terhadap kriteria kecamatan bermasalah atau tidak.

Gambar 2: Peserta sangat antusias saat pembekalan MAD Prioritas Usulan 
Hal ini terjadi ketika tahapan kegiatan MAD Prioiritas Usulan PNPM-MP di Kecamatan Kamal TA. 2013 yang salah satu hasil keputusannya ketika salah satu desa ada tunggakan kelompok SPP menunggak dan terjadi penyalahgunaan serta penyimpangan dana maka desa yang bersangkutan usulannya tidak dibahas. Peran Lembaga BKAD disinilah ketika aturan dan sanksi dilanggar akan berdampak pada permasalahan yang tidak terselesaikan.

Pendekatan dalam mengawal program agar sesuai tujuan yang telah dijalankan oleh BKAD yakni pendekatan secara persuasif atau non formal dengan cara mendatangi ke desa lewat jalur pertemuan silaturahmi dan pendekatan secara formal di Forum MAD dengan secara tertulis ditanda tangani oleh wakil peserta masing-masing desa. Dengan demikian peran BKAD berdampak langsung terhadap keberlangsungan PNPM-MP.

Gambar 3: Wawancara eksklusif Hendra Jaya Kusuma, SP (FK Kamal) dengan ketua BKAD   



   

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih, Masukan dan Sarannya

Menurut Anda Usulan Yang Dibutuhkan Masyarakat Bangkalan Melalui PNPM?