Kamis, 01 Agustus 2013

“Jus Keres Blega”

Minuman Komoditi Lokal Karya PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan Jawa Timur 2012-2013

Gambar  diatas Jus Keres Blega, sebelah kanan Ketua UPK dan Kepala Desa Ko’olan,
sekaligus ketua BKAD Kecamatan Blega Bangkalan. 

pnpmbangkalan.blogspost.com, Bangkalan 20/09/2012, Menjadikan Masyarakat Blega yang lebih maju dan berkembang adalah semangat tim work yang ada di dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan 2012-2013. Kinerja Fasilitator-UPK dan tim kerja terkait telah membuahkan hasil, salah satunya menampilkan karya berupa minuman berbentuk jus dari buah lokal yakni keres (muntingia calabura).

Keres atau sebagian orang menyebutnya kersen bagi masyarakat Blega sudah tidak asing lagi. Buah ini juga tumbuh subur di wilayah tropis (Jawa dan Madura). Pada umumnya buah keres tumbuh liar atau belum banyak dikembangkan manfaatnya. Dari sinilah tim PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Blega, memiliki ide kreatif untuk mengembangkan potensi buah lokal tersebut.


Mathari,S.IP selaku Ketua UPK dengan FK dan FT Kecamatan Blega melaunching produk minuman Jus Keres Blega di Posko PNPM Mandiri Perdesaan. Produk jus dari buah lokal ini sebelumnya juga telah di uji dihadapan Ach.Fausi.S.Sos selaku PjOK. Produk tersebut mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Camat Blega, Muh.Zainul Qomar,S.Ag,M.Si. Perangkat kerja terkait berharap jus keres bisa menjadi komoditi unggulan Kecamatan Blega.

Berbekal buah keres yang mudah didapatkan, masyarakat Blega telah siap menerima pelatihan membuat jus keres, terlihat antusias. Pada mulanya masyarakat Blega tidak pernah berpikir untuk mengembangkan potensi buah lokal tersebut. Bahkan beberapa orang terkesan menyangsikan jus keres sebelum merasakannya. Berkat semangat dan ketekunan tim kerja PNPM Mandiri Perdesaan Kec.Blega, Pelatihan membuat jus buah lokal menjadi agenda kerja 2012-2013, khususnya bidang usaha minuman jus keres.  
Berdasarkan penelitian laboratorium, buah keres yang memiliki nama latin muntingia calabura, memiliki khasiat meredakan sakit kepala, anti radang dan asam urat. Buah Keres tidak asing lagi bagi masyarakat Bangkalan. Setiap anak yang bermain di daerah pedesaan pasti mengenal buah ini. Menjadi harapan bersama, apabila jus keres ini bisa dipopulerkan sebagai ikon minuman lokal bertaraf nasional maupun internasional.


Penyajian Jus Keres Blega Karya PNPM Mandiri Perdesaan ini, relatif mudah dan fariatif. Dengan bahan baku beberapa buah keres dicampur dengan air dan sedikit gula, tambahkan sedikit es batu, jus keres sudah siap saji. Penambahan fariasi bisa menggunakan buah pendukung yakni nangka, mangga dan cery. Bagi yang ingin meningkatkan energi, lebih nikmat ditambahkan madu secukupnya (Dj.Wi)



0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih, Masukan dan Sarannya

Menurut Anda Usulan Yang Dibutuhkan Masyarakat Bangkalan Melalui PNPM?